Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja ? Cara Untuk Mendapatkan Viewer Lebih Banyak

Bagaimana-Algoritma-YouTube-2019-Bekerja ?
Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja ? Cara Untuk Mendapatkan Viewer Lebih Banyak - Pada zaman sekarang ini. Siapa yang tidak tertarik untuk menjadi seorang YouTuber. Menjadi YouTuber pada zaman sekarang sudah menjadi impian banyak orang. Karena memang penghasilan yang bisa didapat di YouTube tidak main-main. Sedikit info, penghasilan dari YouTube itu setiap 1000 Tayangan adalah sekitar $1-$5 tergantung dimana wilayah kalian tinggal, jenis konten, dan relevansi iklan (termasuk lamanya tayang pada setiap video). Jadi jika dirupiahkan sekitar 50 ribu sampai 80 ribu. Terlihat kecil ? tunggu sebentar. Ini baru 1000 Tayangan. Kalian bisa lihat di YouTube berapa saja tayangan yang didapat. Anggap saja yang didapat itu adalah 1 Juta tayangan ya, yang berarti yang didapat adalah 5x100=$500. 500 dollar itu setara dengan 7 juta rupiah. Itu baru 1 video. Belum video yang lain. Mungkin lebih detailnya akan saya buatkan artikelnya di lain hari. Bagaimana? Tertarik menjadi youtuber? Pelajari seluk beluknya dulu ya.

Kali ini kita akan membahas tentang masalah per youtube an. Yang dimana tiap tahunnya akan selalu berbeda. Dan untuk saat ini saya sedang giat-giatnya untuk kembali membangun Blog ini dan juga Channel YouTube saya. Tapi untuk kali ini, kita kesampingkan dulu masalah Blog ya. Kita akan lebih fokus ke YouTube. 

Dengan meledaknya Platform besar YouTube, seperti yang dilansir di CNN Indonesia. Pengguna YouTube setiap bulannya lebih dari 50 Juta. Dan sekarang, banyak sekali orang-orang atau bahkan anak sekalipun ingin menjadi YouTuber termasuk saya. Tapi masalah terbesar yang sering dihadapi YouTuber pemula adalah. Kenapa video yang di upload sepi view. Atau bahkan tidak ada yang menonton sama sekali. Jawabannya adalah karena mereka tidak belajar tentang Algoritma YouTube. Kita akan bahas lengkap Jadi inilah artikel tentang Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja.

Jadi inilah artikel tentang Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja ? Cara Untuk Mendapatkan Viewer Lebih Banyak.

Sudah hampir semua informasi tentang cara meng optimasi video dan juga peraturan YouTube 2019 saya baca dan pelajar. Dan sudah saya coba menerapkannya ke Channel YouTube saya. Namun hasilnya belum memuaskan. Dalam 6 Bulan dari video pertama saya hingga artikel ini saya buat. Subscriber saya di Channel Akizaku TV bisa mencapai 1000 Lebih. Dengan Watch Time rata-rata 100-300 menit perhari. Memang tidak besar, tetapi lumayan untuk pemula.
Algoritma dari YouTube sendiri selalu berubah-ubah sama seperti Google. Google yang dinobakan sebagai Search Engine terbesar di dunia selalu melakukan pembaruan dan update algoritmanya. Bahkan Maret 2019 ini, Google benar-benar melakukan pembaruan Algoritma yang membuat banyak sekali Visitor para Blogger menurun. Tentunya banyak Blog yang sebelumnya berada di Page One, tiba-tiba menghilang begitu saja dari hasil pencarian. Sistem YouTube dan Google tidak jauh berbeda, yaitu selalu melakukan pembaruan Algoritma.

Karena pada Februari lalu YouTube menerapkan peraturan Subscriber dibawah 1000 dan Watch Time tidak lebih dari 4000 Jam, Maka channel tidak bisa di monetisasi. Peraturan tersebut seperti menampar para YouTuber kecil seperti saya. Oleh karena itu, banyak sekali para YouTuber kecil berlomba-lomba untuk menaikan reputasi Channelnya salah satunya adalah dengan mempelajari Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja ?

Saya bukanlah pakar SEO  yang sangat ahli dalam ilmu SEO, tapi setidaknya sampai saat ini saya masih terus belajar tentang Optimasi konten untuk hasil pencarian. Dan yang saya pelajari walaupun banyak perubahan algoritma, dasarnya untuk mengoptimasi konten tidak banyak berubah.

Perlu dipahami, SEO itu sebenarnya ilmu tentang logika, dan kita hanya cukup memahami kebiasaan seseorang ketika mencari sesuatu di google atau di YouTube terkait kata kunci (keyword) apa yang biasanya digunakan.

Berikut ini beberapa Info Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja ? Cara Untuk Mendapatkan Viewer Lebih Banyak yang bisa kita terapkan saat memposting atau membuat video di YouTube.

YouTube Keyword Research

Langkah pertama untuk mengoptimalkan video kita adalah memepelarai YouTube SEO. Langkah yang paling penting dan harus diambil adalah riset kata kunci atau biasa disebut Keyword Research. Pada langkah ini kita diwajibkan mencari beberapa kata kunci yang tepat dan banyak digunakan oleh orang untuk mencari sebuah video.

Kita harus membuatkan listnya sesuai dengan Niche Channel YouTube kita, dan kemudian membuat video yang sesuai dengan kata kunci yang telah dijadikan targe.

Yang perlu kalian ketahui adalah banyak kata kunci atau keyword yang memiliki volume pencarian yang bagus di Google tetapi di YouTube rendah, begitupun sebaliknya. Yang menjadi masalah adalah bagaimana kita mencari kata kunci yang sempurna ? jadi bisa menargetkan kedua platform tersebut.
  • YouTube Suggestions
Cara paling mudah untuk mencari kata kunci yang tepat adalah dengan saran dari YouTube sendiri yaitu YouTube Suggest. Lalu bagaimana caranya ? Caranya mudah
  1. Kamu hanya perlu membuka YouTube
  2. Masukan kata kunci utama di dalam form pencarian
  3. Sebelum kalian selesai menuliskan kata kuncinya
  4. Nanti akan muncul banyak saran yang berkaitan dengan kata kunci yang kalain cari tadi
Kata kunci yang disarankan YouTube adalah yang terbaik karena memiliki Click Through Rate (CTR) atau rasio klik per tayang (RKPT) yang sangat tinggi. Biasanya kita tidak langsung mengetik kata kunci dengan lengkap atau spesifik ketika mencari sebuah informasi di YouTube atau Google, tapi langsung meng-klik kata kunci yang disarankan. Benar, bukan?
Ada info yang menarik untuk menggunakan YouTube suggest dengan cara canggih. Kita hanya perlu meletakkan underscore (_) sebelum memulai kata kunci dan itu akan menunjukkan kepada kita semua kata-kata yang dicari orang sebelum kata kunci yang kita cari. Kita bahkan dapat menggunakan underscore (_) di akhir atau di antara jika kata kunci kita mengandung lebih dari satu kata.
Dengan metode ini kita bisa melakukan beberapa percobaan dengan kata kunci berbeda yang terkait dengan topik kita dan menambahkan semua saran ke daftar kata kunci. Mudah, bukan?
  • Cari Kata Kunci Video di Google
Langkah yang kedua adalah kita Cari Kata Kunci Video di Google. Manfaat melakukan ini adalah agar Video kalian bisa mendapatkan peringkat yang sama di hasil pencarian YouTube dan juga Google. Dan apabila kalian bisa melakukannya, percaya atau tidak. Video kalian akan mendapatkan berkali-kali lipat tayangan pada video kalian di YouTube. Lalu bagaimana cara melakukannya ?

Yang perlu kita lakukan hanyalah menemukan kata kunci terbaik untuk kita masukkan dalam video yang kita upload ke YouTube. Jadi, langkahnya adalah mencari beberapa kata kunci di Google. Nantinya akan muncul beberapa kata kunci yang ktia cari di Google, tidak hanya menampilkan situs web melainkan juga Video. Inilah yang kita sebut kata kunci video. Lebih banyak jumlah hasil video berarti lebih banyak kata kunci ramah video yang bisa kita dapatkan.

Jadi, kita bisa memulainya dengan menggunakan beberapa kata kunci yang banyak digunakan, seperti “bagaimana cara …” atau “cara membuat…”. Namun usahakan relevan atau sesuati dengan Niche Channel kita karena ini penting ketika kita membuat video dengan kata kunci tertentu. Dalam daftar keyword kita, pertahankan kata kunci video yang ditandai untuk topik yang berbeda. Untuk pengoptimalan video, kita perlu menggunakan kata kunci video yang relevan untuk setiap video.
  • Tool Riset Keyword
Langkah ketiga yang bisa kita ambil adalah memanfaatkan Tool Riset Keyword. Tidak jauh berbeda dengan cara-cara diatas. Namun ini ktia menggunakan alat atau tool untuk mendapatkan Keyword atau kata kunci. Untuk toolnya sendiri bisa kalian unduh di Google, ada yang berbayar (seperti Semrush, Aherfs Keyword Explorer) dan banyak juga gratisan. Beberapa tools gratisan yang bisa digunakan seperti Soovle, keyword shitter, ubersuggest.io, answerthepublic.com, kwfinder, long tail pro dan sebagainya.


Tool-Research-Keyword

Untuk optimasi keyword YouTube SEO 2019 saya sarankan menggunakan KeywordTool (KeywordTool.io), sebuah alat mendapatkan saran kata kunci untuk YouTube. Karena lebih mudah dan gratis. Dengan tools ini kita dapat membuat daftar kata kunci yang besar lalu memfilter daftar sesuai dengan pilihan dan kebutuhan kita.
  • Tag Video
Langkah keempat, adalahhal yang simpel. Namun dengan menggunakan ini, bisa membuat sebuah channel populer dan video yang di-uploadnya mendapatkan tayangan organik karena mereka menggunakan kata kunci yang tepat dalam tag video mereka. Walaupun dianggap sepe;e tag membuat video kita bisa relevan dengan konten yang sedang kita bahas.

Tapi bagaimana cara mendapatkan Tag ini? Inilah yang disebut dengan “Ekstraksi Tag”. Bagaimana menemukan tag’s dari video channel lain? Kita bisa memanfaatkan Tubebuddy atau menginstal ekstensi Chrome “Vidiq” untuk melihat tag saluran. Dengan dua alat ini kita bisa menyalin tags video dari channel lain dan memfilter tags yang relevan untuk video kita.


Kita dapat mencari topik channel kita di pencarian YouTube dan menggunakan VidIq untuk melihat tag dari 5 atau 10 video teratas. Satu hal yang harus dipastikan di sini adalah hanya mencari video yang relevan.
  • Google Trends
Langkah terakhir yang bisa diambil adalah mencari keyword dengan menggunakan layanan Google sendiri yaitu Google Trends. Menggunakan Google Trends adalah cara paling sederhana untuk menemukan banyak informasi yang kita butuhkan untuk memprediksi kata kunci yang digunakan banyak orang. Melalui Google Trends, kita dapat memperoleh kata kunci yang berkaitan dengan topik channel kita. Lalu bagaimana cara menggunakannya ? Cukup buka Google Trends dan telusuri topik kita dan setel filter seperti yang kita inginkan. Setelah ini, kita akan mendapatkan semua data kata kunci hanya di YouTube. Gulir ke bawah hingga kita melihat kotak “kueri terkait” atau related queries.

Dengan cara ini kita akan mendapatkan semua kata kunci yang orang-orang juga telusuri terkait dengan topik kita dan kita dapat menggunakannya di video kita untuk mendapatkan lebih banyak tampilan. Sebagai informasi, ini adalah metode untuk membangun daftar besar kata kunci untuk YouTube dan beberapa kata kunci video.

Sedikit tips buat kalian yang ingin mendapatkan view lebih banyak. Cukup gunakan Keyword yang banyak dicari, tetapi sepi persaingan. Jadi banyak orang yang mencari tetapi, tidak banyak yang membahasnya. Dengan begitu video kalian akan lebih cepat mendapatkan view.


Google-Trends

Kalian harus bisa membuat konten yang bisa bekerja dengan baik dan bisa menguntungkan untuk kalian. Selalu pertahankan Jam Tayang dan rasio klik tayang untuk masa yang akan datang, tetapi jangan sampai keluar dari format kalian, dan jangan biarkan algoritma youtube 2019 mendikte konten kalian. Tetap fokus di kualitas konten yang bermanfaat untuk para subscriber.


Oke, Mungkin segitu saja untuk artikel Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja ? Cara Untuk Mendapatkan Viewer Lebih Banyak. Karena sudah cukup panjang artikel ini, ditakutkan kalian para pembaca Mastah Blogging ketiduran. Atau mungkin akan kita bahas lagi di artikel yang akan datang. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Comments