Berapa Penghasilan Youtuber Perbulan ? Ini Penjelasannya

Berapa-Penghasilan-YouTuber-Perbulan
Berapa Penghasilan Youtuber Perbulan ? Ini Penjelasannya - Dengan meledaknya Platform besar YouTube, seperti yang dilansir di CNN Indonesia. Pengguna YouTube setiap bulannya lebih dari 50 Juta. Dan sekarang, banyak sekali orang-orang atau bahkan anak sekalipun ingin menjadi YouTuber termasuk saya. Namun kira-kira Berapa Penghasilan Youtuber Perbulan ? Ini Penjelasannya.

YouTube saat ini sudah men sukses kan banyak orang. Tidak hanya di Indonesia, tetapi seluruh dunia. Banyak orang yang ingin menjadi youtuber karena pendapatannya yang besar. Penghasilan dari Youtuber salah satunya diperoleh dari iklan adsense.

Sekedar informasi Adsense adalah produk jaringan periklanan dari Google yang keuntungannya di tentukan oleh banyak faktor. Penghasilan yang didapat dari YouTube tidak hanya dari Jumlah klik atau jumlah view, melainkan berdasarkan negara, topik dan harga iklan itu sendiri.


rapyourbae-clothing

Namun, para youtuber tidak hidup dari Adsense saja, karena masih banyak jalan yang bisa ditempuh para youtuber untuk mendapatkan penghasilan, yaitu biasanya dari berjualan produknya sendiri, affiliate marketing, dan sponsor. Seperti gambar diatas. Itu merupakan produk dari YouTuber Reza Oktovian sendiri. Jika kalian ingin membangun sebuah channel YouTube, kalian harus lebih detail mengenai setiap sumber pemasukan para YouTuber agar tidak salah arah karena membangun sebuah channel yang sukses adalah proses yang panjang.

Penghasilan Youtuber di Indonesia

Perlu di ingat kata-kata tadi, banyak faktor yang akan menentukan jumlah keuntungan yang didapat. Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa penghasilan dari YouTube itu adalah sekitar $1 setiap 1000 Views, tapi kenyataanya angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan untuk menghitung pendapatan karena walaupun kalian membuat video dan di upload di YouTube. Meskipun sudah mencapai 1000 Views maka belum tentu kalian bisa mendapatkan $1.

Faktor paling berpengaruh dari penghasilan adalah relevansi antara iklan dan konten itu sendiri. Jika Iklan yang muncul kurang menarik atau bahkan tidak menarik untuk dilihat bagi para viewers. Maka akan membuat penurunan penghasilan.


View Kecil Penghasilan Besar


View Banyak Penghasilan Kecil

Dilihat dari gambar diatas. Sekitar 300 Views sudah mendapatkan sekitar $0.6 sedangkan yang satunya lagi 21 ribu lebih views hanya mendapatkan $2.35. Bisa dilihat perbedaanya. Lebih baik view sedikit tapi iklan relevan daripada view banyak tetapi iklan sama sekali tidak relevan dengan isi konten. Mungkin di antara kalian banyak yang merasa atau telah mengalaminya kalau jumlah views video sudah mencapai pukuah ribu, namun penghasilan masih diangka belasan dollar atau bahkan dibawah 10 Dollar. Ini bisa terjadi karena Indonesia Effective cost per mille (CPM) yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain, apalagi Amerika yang bayaran per 1000 views nya bisa mencapai 1 sampai 7 USD.

Jadi bagaimana cara yang lebih mudah untuk menentukan Berapa Penghasilan Youtuber Perbulan ? Cara yang paling mudah adalah membuat rata-rata penghasilan karena lebih realistis dibandingkan dengan $1 per 1000 views. Jadi rata-rata penghasilan yang bisa didapat dari 1 Juta views adalah sedidaknya $550 atau sekitar 7 Juta rupiah. Bagaimana perhitungannya ? Caranya adalah menggunakan teknik BPS.

Biaya Per Seribu Tayang

Sistem pembayaran di YouTube yang paling di kenal para YouTuber adalah Biaya Per Seribu Tayang atau sering disingkat BPS. Jadi intinya kalian akan dibayar untuk setiap tayangan iklan di 1000 kali tayangan video kalian di YouTube. Namun itu masih merupakan penghasilan kotor.

Lebih jelasnya rumus pendapatan itu adalah RPM (Revenue Per Thousand Impression pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1000 impresi) = penghasilan bersih/jumlah tampilan halaman x 1000.

Penghasilan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh biasanya antara $1-$5, ini juga tergantung dimana wilayah kamu tinggal, jenis konten, dan relevansi iklan (termasuk lamanya tayang pada setiap video). Bagaimana? Tertarik menjadi youtuber? Pelajari seluk beluknya dulu ya di Bagaimana Algoritma YouTube 2019 Bekerja ? Cara Untuk Mendapatkan Viewer Lebih Banyak.


Oke, Mungkin segitu saja untuk artikel Berapa Penghasilan Youtuber Perbulan ? Ini Penjelasannya. Semoga kalian mendapatkan ilmu setelah membaca artikel ini, maaf apabila ada salah-salah kata maupun data. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Comments