Cara Mendapatkan Inspirasi Untuk Menulis

Cara Mendapatkan Ide / Inspirasi Untuk Menulis - Sebagai seorang blogger dan sekaligus penulis, inspirasi sangatlah penting. Bagaimana tidak, tanpa adanya inspirasi menulis akan sangat sulit karena tidak ada sebuah ide yang terlintas dikepala sama sekali. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips dengan harapan dapat membantu Anda dalam menulis.

1. Mendengarkan Musik
Walaupun terdengar sederhana, namun ini benar-benar dapat membantu. Anda dapat menyesuaikan lagu yang Anda dengarkan sesuai dengan Tulisan Anda. Apabila Anda ingin menulis sebuah cerita yang sedih, Anda dapat mendengarkan lagu yang bernada sedih. Lagu-lagu sedih sudah banyak bertebaran di Internet, namun yang paling mudah Anda dapat mengaksesnya di Youtube. Begitu pula jika Anda ingin menulis yang berkaitan dengan Percintaan, Anda dapat mendengarkan lagu-lagu cinta.

Sebagai contohnya saya menyukai lagu Bondan yang berjudul "Kita Selamanya" dengan mendengarkan lagu tersebut, saya dapat menulis sebuah cerita tentang masa SMA, saat di SMA terjadi suatu percintaan. Banyak hal terjadi mulai dari saling menyayangi antar pasangan, terjadi konflik karena ada orang ketiga, lalu saat konflik sudah mulai reda mereka belajar sesuatu dan dapat menjadi lebih dewasa. Semua berjalan dengan baik sampai akhirnya tiba perpisahan sekolah, perpisahan tersebut amat berat untuk dilalui oleh mereka. Namun saat hari terakhir mereka bersama, mereka membuat kenangan yang tak terlupakan. Seperti itulah mungkin jika dibuat cerita.

2. Menonton Film ataun Anime
Dengan menonton film Anda dapat mendapatkan ide untuk menulis sekaligus hiburan. Anda juga perlu menyesuaikan genre yang ada di film tersebut dengan apa yang ingin Anda tulis. Mungkin bisa dengan genre Aksi ataupun Drama. Dengan menonton film Anda bisa mendapatkan gambaran tentang alur cerita yang akan dibuat serta gambaran tokoh dan sekaligus suasananya. Anda juga dapat mengambil latar tempatnya saja misalnya di Gurun, Pegunungan, Kutub, Hutan, maupun Laut. Atau bisa juga kepribadian suatu tokoh, misalnya Bijaksana, Rajin, Pintar, dan lain-lain.

Sebagai contoh saya menonton anime "Shigatsu wa kimi no uso", dengan anime ini saya dapat membuat suatu alur yang terjadi yaitu cinta segitiga, persahabatan. Dengan itu kita dapat mengembangkannya menjadi cerita. Misalnya ada sebuah persahabatan disuatu sekolah, mereka telah bersahabat cukup lama karena telah bersama sejak kecil, lalu ketika menginjak usia SMA, ada seseorang yang masuk kedalam persahabatan mereka dan akhirnya ada yang jatuh cinta dan terjadilah cinta segitiga. Seperti itulah mungkin ceritanya.

3. Membaca Buku
Ada yang mengatakan buku adalah jendela ilmu. Jadi semua hal itu terdapat didalam buku, oleh karena itu kita bisa mendapat bermacam-macam ide dengan membaca buku. Anda bisa membaca sebuah novel, cerpen maupun buku-buku sejarah.

Sebagai contohnya saya membaca buku sejarah dan saya menemukan seorang tokoh yang sangat adil menjadi pemimpin. Sifat kepemimpinan itu bisa kita kembangkan menjadi sebuah cerita yang menarik.

4. Membaca Berita
Membaca berita ini tidak terbatas, Anda dapat membacanya di Koran, Internet, atau melihat di TV. Carilah sesuatu yang dapat Anda gunakan sebagai bahan menulis. Misalnya sekarang sedang hangan kasus penistaan agama. Gunakanlah itu untuk bahan menulis. Namun ingat jika Anda menggunakan cara ini, pastikan sumber yang Anda baca terpercaya karena jaman sekarang banyak berita hoax yang menyebar dan jangan melebih-lebihkan berita saat menulis. Kalau bisa buatlah tulisan Anda semenarik mungkin misalnya judulnya Anda buat seperti ini "Sebuah Truk Penyedot Tinja Meledak Membuat Banyak Kuning-Kuning Berserakan di Jalan" judul tersebut meninggalkan sebuah rasa penasaran kenapa bisa truk penyedot tinja meledak dan ada sebuah lelucon dijudul tersebut yaitu kuning-kuning berserakan di jalan.

5. Refreshing
Refreshing disini tidak harus berwisata namun bisa dengan hanya keluar rumah atau pergi kesuatu tempat misalnya perpustakaan,restoran maupun ke pusat perbelanjaan. Mungkin dengan refreshing dapat membuat Anda menyegarkan pikiran dari berbagai pekerjaan, tugas atau sekolah.

Misalnya Anda pergi berwisata kesebuah tempat bersejarah. Anda dapat menulis tentang pahlawan saat melawan Belanda. Namun jika tidak memiliki cukup uang, silahkan lanjut ke cara berikutnya

6. Ngobrol
Anda dapat meminta pendapat teman Anda, siapa tau teman Anda memiliki ide, namun jika tidak ada. Anda dapat ngobrol seperti biasa karena biasanya dari obrolan tersebut bisa memunculkan suatu gagasan yang menarik.

Misalnya teman Anda adalah fans dari seorang artis dan dia sangat menginginkan tanda tangan darinya. Anda dapat membuatnya menjadi sebuah cerita tentang perjuangan fans mendapat tanda tangan artis.

Hampir semua cara diatas merupakan pengalaman pribadi saya dan yang lainnya adalah dari mencari reverensi dari blog lain. Anda boleh percaya boleh tidak, namun jika cara diatas bersifat positif kenapa tidak ?. Demikian artikel tentang Cara Mendapatkan Inspirasi Untuk Menulis. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

20 Comments

  1. Kalau saya nomor 2.
    Terutama anime yang slice of life, tiba^ langsung muncul ide menulisnya wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lebih suka yang genre action gan hehe

      Delete
  2. kalo saya biasanya inspirasi datang dengan sendiriny, hehe. kalo kaya baca2 buku atau berita suka gak dapat inspirasi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap orang beda" hehe, daripada nungguin inspirasi dateng lebih baik kita pancing biar dateng hehe

      Delete
  3. boleh juga nih. Kadang ane juga sering kehabisan inspirasi buat nulis posting selanjutnya!

    ReplyDelete
  4. Lumayan Untuk Semangat negblog

    ReplyDelete
  5. enaknya sih bikin blog gado gado biar gakehabisan ide wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, tapi jadi sulit fokus kalo saya pake niche gado-gado hehe

      Delete
  6. Dengerin musik tuh yg sering ane lakuin buat dapetin inspirasi dan hasilnya juga lumayan

    ReplyDelete
  7. Film yg paling menginspirasi gw buat artikel karena tiap film mesti ada maknanya yg bikin gw semangat

    ReplyDelete
  8. Menurut ane sih yang membaca buku dapat mendapakan inspirasi hehe

    ReplyDelete
  9. Kalau saya sih dapat idenya ketika hati galau. Ada yang sama nggak? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah gan, tapi artikel yang saya tulis jadi tentang cinta haha

      Delete
  10. Enaknya juga dengerin musik kalo saya mah.. ^_^

    ReplyDelete
  11. betul sekali. Tapi, ada saat dimana kita sudah punya inspirasi & dikepala sudah berputar-putar kata yang akan ditulis nanti. eh pas mau nulis, jadi lupa-_- #curcol

    ReplyDelete
  12. Kalau saya lihat berita...kalo ada yang unik bisa jadi ide

    ReplyDelete