Cara Mengoptimasi Konten Blog dengan SEO On Page

Cara Mengoptimasi Konten Blog dengan SEO On Page
Cara Mengoptimasi Konten Blog dengan SEO On Page - Halo selamat siang. Setelah kemarin kita mengoptimasi dengan SEO Off Page, sekarang kita akan menggunakan SEO On Page. Optimasi SEO On Page dilakukan pada dalam blog alias pada blog itu sendiri. Untuk pengertian SEO On Page silahkan baca ini untuk lebih lengkapnya

Dulu tingkatan SEO On Page dan SEO Off Page lebih unggul SEO Off Page, namun sekarang lebih unggul SEO On Page karena google telah mengganti algoritmanya. Dulu backlink sangat diperhatikan, namun untuk sekarang kualitas Konten yang lebih banyak mendapat perhatian. Karena sekarang backlink tidak dapat mempengaruhi page one, namun untuk SEO On Page sangatlah berperan penting dalam page one.

Dengan mengoptimasi SEO On Page maka blog kalian akan dapat masuk page one, jika kalian ingin menerapkannya silahkan ikuti tutorial berikut ini :

1. Menggunakan Permalink
Untuk yang belum tau permalink itu apa, Permalink adalah URL permanen untuk posting blog pribadi Anda, serta kategori dan halaman lain dari posting blog anda. Jika kalian akan menggunakan permalink buatlah URL yang mudah dan pendek. Dan ingat URL harus permanen dan jangan sampai dirubah. Jadi pikir-pikir dulu untuk menentukan URLnya.

2. Mulai Artikel dengan Judul
Sepertinya cara ini sudah banyak diterapkan oleh para blogger, dan hasilnya tidak terlalu mengecewakan juga. Karena judul merupakan salah satu faktor yang dapat membuat blog kita bertahan di SERP, cara ini mudah untuk diterapkan,maka usahakan untuk menerapkannya juga.

3. Modifikasi Judul Konten Kalian
Pada beberapa kasus, ada yang blognya dapat memasuki page one, namun tidak memiliki trafik tinggi ? mengapa ? itu karena judul yang mereka gunakan biasa-biasa saja. Usahakan membuat judul yang dapat menarik pengunjung agar datang ke blog kita. Judul merupakan hal yang paling mempengaruhi Search Engine jadi perhatikanlah judul kalian.

4. Atur Headings Konten
Gunakanlah heading yang baik. Heading ada 5 jenis yaitu 1 diatur didalam template dan 4 dapat diatur ketika sedang membuat konten.

H1 adalah Judul halaman
H2 adalah Heading
H3 adalah Subheading
H4 adalah Minor heading
H5 adalah Normal

Susunan yang benar ketika berada di homepage adalah tag heading 1 adalah nama blog dan judul konten menggunakan heading 2. Lalu ketika telah memasuki postingan, heading 1 akan menjadi judul konten dan heading 2 bisa kalian isi dengan judul blog atau dengan nama widget-widget. Di H1 sampai H5 yang paling penting adalah H1nya.

5. Gunakan Gambar atau Video dalam Konten
Hal ini bertujuan untuk melengkapi konten kalian dan juga agar pengunjung tidak mudah bosan melihat konten kita. Coba kalian bayangkan membaca buku cerita tanpa gambar sedikitpun ? pasti akan segera bosan kecuali memang hobi membaca. Gunakan paling tidak 1 gambar atau video agar dapat membuat pengunjung diam lebih lama di blog kita.

6. Letakkan Kata Kunci di 100-150 Kata Pertama
Dengan meletakan kata kunci pada kata pertama maka google akan membantu kita memasuki page one, namun banyak blogger malah salah dalam menempatkan kata kunci mereka. Mereka malah menempatkannya jauh dibawah.

7. Gunakan Template Responsive
Template merupakan salah satu senjata rahasia para blogger untuk mendekatkan diri ke search engine. Dengan tempate yang responsive, search engine akan ramah terhadap blog kita. Jadi jika kalian masih menggunakan template yang tidak resposive. saya sarankan untuk segera menggantinya.

8. Gunakan Teknik Outbound Links
Outbound Links adalah link keluar dari blog kita ke blog orang lain yang dapat menjelaskan konten yang tidak ada di blog kita. Mungkin banyak yang takut karena hal ini bisa mengakibatkan blog kita ditinggalkan oleh para pengunjung, padahal al itu tidak akan menjadi masalah selama outbound link tersebut masih relevan dengan konten yang sedang kita jelaskan, malah hal ini bisa membuat pengunjung kita puas karena mereka mendapatkan informasi secara lengkap.

9. Maksimalkan Internal Link

Internal link adalah sebuah link dari satu halaman website menuju halaman lain di dalam website yang sama, dimana isinya masih berhubungan. Gunakan internal link 2 sampai 3 disetiap postingan. Contoh penggunaan internal link yang bagus adalah Wikipedia, ia menambahkan internal link disetiap kata kunci yang ada untuk setiap entrinya. Wikipedia dapat menambahkan lebih dari 50 internal link per halaman. Namun untuk kalian, saya sarankan menggunakan 2 sampai 5 saja disetiap postingan yang mengarah ke artikel lama.

10. Percepat Blog
Semakin cepat sebuah blog, maka semakin banyak yang menyukainya karena faktor kecepatan adalah salah satu penyebab pengunjung pergi. Para pengunjung menginginkan mendapatkan informasi secepat mungkin, jika blog yang mereka kungjungi itu loeadingnya lama sekali atau bahkan loading terus menerus, terpaksa mereka harus meninggalkan blog tersebut. Biasanya yang membuat loading lama adalah templatenya. Gunakan template yang fast loading. Jika tetap, mungkin ada widget atau iklan yang membuat blog kalian berat, jadi segera hapus hal yang membuat berat tersebut. Jika kalian ingin mengecek seberapa cepat blog kalian, silahkan gunakan Page Insight.

11. Gunakan LSI dari Google
LSI adalah susunan kata yang merupakan sinonim dari kata kunci. LSI ini disarankan oleh Google.
LSI google

Diatas merupakan contoh LSI dari google dengan keyword "cara mendapatkan uang" lalu dibagian bawah sendiri dari hasil pencarian akan muncul keyword yang hampir sama dengan keyword yang kita gunakan.

12. Optimasi Multimedia di Konten
Agar tidak memberatkan blog, kompres terlebih dahulu multimedia sebelum di upload. Dan beri tag title dan alt-nya agar robot crawler dapat mengetahuinya karena robot crawler tidak dapat melihat objek seperti gambar.

13. Pasang Widget Sharing
Walaupun widget sharing tidak mempengaruhi SEO, namun dengan widget sharing dapat mendatangkan trafik baru untuk blog kalian, karena dengan share ke media sosial, penyebaran artikel akan semakin cepat dan pengunjungpun akan mudah didapat.

14. Buat Artikel Yang Lengkap
Pekerjaan yang dilakukan setengah-setengah itu tidak baik bukan ? begitu juga dengan blogging. Jika kalian membuat artikel dengan informasi yang tidak lengkap, maka bisa jadi pengunjung akan meninggalkan blog kalian. Artikel tidak harus panjang, namun kebanyakan artikel dengan informasi yang lengkap adalah artikel yang panjang. Blog yang menduduki page one juga kebanyakan menggunakan artikel yang panjang.

Jadi kesimpulannya adalah dengan mengoptimasi blog dari dalam, trafik akan datang dengan sendirinya karena artikel page one dan dibantu share. Mungkin itu saja untuk Cara Mengoptimasi Konten Blog dengan SEO On Page. Jika kalian memiliki saran lain silahkan berikan melalui komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

40 Comments

  1. Bermanfaat sekali ni gan, ada beberapa yang belum saya praktekan, ntar saya praktekan di post baru

    ReplyDelete
  2. Mantap, nambah pengetahuan tentang SEO...

    ReplyDelete
  3. masih buta banget soal seo ,terima kasih infonya gan

    ReplyDelete
  4. Saya blum paham yg LSI itu tuh gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. LSI nya kenapa gan ? LSI itu digunakan hanya untuk diambil keywordnya saja

      Delete
  5. wah thanks gan cara nya bermanfaat buat ane yang baru belajar blog :D

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata onpage seo buanyak. Saya masih belajar membuat judul yg menarik. Faktor-Faktor lain masih diusahakan tapi tidak selalu.

    ReplyDelete
  7. Hmmm.. thanks gan, ane jadi lebih mengerti tentang seo lagi :)

    ReplyDelete
  8. ini yang lagi ane cari. biar seo ane makin josss !

    ReplyDelete
  9. Ini teknik super wah gan untuk SEO. Pasti artikel agan ini juga akan masuk di pae one Google nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin gan hehe tapi banyak juga saingannya gan jadi berat juga

      Delete
  10. nah yang sering terliwatkan tuh yang SLI gan saya juga termasuk sih SLI walaupun ngaruhnya dikit rtapi lumayan lah buat nyari referensi

    ReplyDelete
  11. hmm thanks gan walaupun masih ada yang bingung tapi tetep keren kok

    ReplyDelete
  12. Walah....saya belum menerapkan semua seonya

    ReplyDelete
  13. tq gan nambah ilmu lagi..
    ijin nyoba dulu gan..

    ReplyDelete
  14. sya baru tahu untuk cara yang LSI. sejauh ini sih yang saya lakuin optimalin heading.

    ReplyDelete
  15. Mantap gan, thanks ya tipsnya, patut dicoba nih

    ReplyDelete
  16. Ini dia yg gue cari, thk infonya gan..

    ReplyDelete
  17. Makasih infonya gan, ane juga lagi butuh belajar soal on page untuk memperkuat seo blog saya

    ReplyDelete
  18. Thanks info page speed nya gan.
    Selama ini ane cuma tau gtmatrix buat pagespeed gan.
    :)

    ReplyDelete
  19. makasih atas tipsnya gan, sy coba dulu y gan.

    ReplyDelete
  20. boleh nih LSI nya diterapin.... biar hasil pencariannya menampilkan semua artikel kita.. hehehe

    ReplyDelete
  21. Banyak banget,,, lum sempet optimalisasi semuanya

    ReplyDelete
  22. Keren. Sangat bermanfaat,saya jadi paham

    ReplyDelete
  23. Mantep om , infonya sangat membantu

    ReplyDelete