Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster

Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster
Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster - Halo selamat siang. Sudah lama saya tidak membuat artikel karena saya sedang melaksanakan UAS dan hari ini baru selesai. Oke, kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster. Pesan error ini dikirimkan oleh webmaster setiap hari dan cara memperbaikinya cukup mudah, namun membutuhkan kesabaran jika terdapat banyak page 404 not found karena kita harus mengatasinya secara manual dan satu per satu.

Penyebab Error 404 Not Found pada Webmaster

Biasanya penyebab terjadinya Error 404 Not Found adalah karena tedapat link yang mengarah ke halaman yang telah dihapus atau rusak. Hal ini terjadi bisa karena salah pengetikan URL blog, dan bisa juga karena halaman tersebut telah dihapus, atau karena link tersebut memang sudah mati.

Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster

1. Masuk ke webmaster tools kalian
2. Pilih menu Crawl Crawl Error
3. Centang kotak yang ada disamping Priority lalu klik download, pilih format Google Docs
Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster 1
4. Setelah itu akan terbuka tab baru dan terlihat seperti gambar dibawah ini
Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster 2
5. Silahkan copy semua link tersebut dan taruh pada Notepad
6. Setelah itu, buka menu Google Index Remove URL
Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster 3
7. Klik Temporarily lalu masukan link yang ingin error didalam kotak yang telah disediakan lalu klik Continue.
Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster 4
8. Lalu akan akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih yang kalian inginkan lalu klik Submit Request.
Keterangan :
  • The site owner has removed the page or blocked it from search engines : Dihapus dari halaman dan search engine
  • Remove page from cache only : Hanya dihapus dari Cache
  • Temporarily hide directory : Disembunyikan sementara di direktori

Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster 5

9. Jika sukses akan muncul pesan seperti ini, statusnya masih Pending karena masih baru mengirim permintaan menghapusan link, tunggu saja nanti statusnya akan otomatis ganti Removed.
Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster 6


Mungkin itu saja untuk Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada Webmaster. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

39 Comments

  1. Iya ini memang cara yang pas agar link mati tidak mengganggu gan

    ReplyDelete
  2. Error not found langsung aja di redirect. Jadi ntar gak error lagi.

    ReplyDelete
  3. wag sangat membantugan , kebetulan ane laginyari tutorial ini dan ahirnya nemu juga.

    ReplyDelete
  4. Hal ini akan menghapus link pada Google search engine juga ya gan...??

    ReplyDelete
  5. wuihh mantap mas, saya coba dulu masuk webmasternya

    ReplyDelete
  6. kalo di perbaiki bisa gak gan... misla jangan di hapus gitu..

    ReplyDelete
  7. memang error 404 ini selalu menjadi masalah pada blog.. nice info

    ReplyDelete
  8. nice info.. memang masalah ini agak sulit diatasi

    ReplyDelete
  9. Ingin hapus blog lama ku, semoga ini jalan keluarnya

    ReplyDelete
  10. Keren artikelnya agan. Sama dengan inilahtrip.com. :)

    ReplyDelete
  11. cara ini sering saya pakai kalau ada error 404 dan emang ampuh

    ReplyDelete
  12. oh gitu ya cara ngatain nya ,baru loh saya hehehe

    ReplyDelete
  13. Thanks infonya gan, jadi tahu cara ngatasinnya nih :D hehe

    ReplyDelete
  14. Matab gan sangat membatu, terimakasih.

    ReplyDelete
  15. Terimakasih, sangat membantu, hehehe

    ReplyDelete
  16. kalau ribuan broken linknya pake apa ya gan?

    ReplyDelete
  17. kalo banyak broken linknya gan gmn ? Broken link saya ada sekitar 20 an.

    ReplyDelete
  18. penting sekali cara tangani page error 404, supaya lebih bagus dalam pencarian google

    ReplyDelete
  19. Kirain gk ada caranya. Makasih gan

    ReplyDelete
  20. Thanks gan infonya, diblog ane ada 4 ini :D

    ReplyDelete
  21. Makasih gan, postingan yang bermanfaat untuk saya sebagai blogger pemula

    ReplyDelete
  22. Sama gua juga pernah kayak gini . Terutama saya yg masih newbe

    ReplyDelete
  23. Lok di yandex gmna crax gan..??

    ReplyDelete
  24. kalau yang error gitu biasanya makan waktu berapa lama min untuk ke index lagi link yang error 404 nya....

    ReplyDelete
  25. Mantep gan buat pegangan kalo ngalamin eror. Mudah2an sih nggak ngalamin, maklum ane blogger gaptek.

    Salam kenal gan
    notordinaryblogger

    ReplyDelete
  26. nah ini triknya. ane cari cara error crawl webmaster. ane tes dulu gan

    ReplyDelete
  27. Ada cara yg lebih praktis ga gan, ?? soalnya klo satu-satu butuh waktu....

    ReplyDelete