Cara Memilih URL Blog Yang Baik

Cara Memilih URL Blog Yang Baik - Halo selamat siang, setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Memilih Nama Blog Yang Baik, sekarang kita akan membahas tentang Cara Memilih URL Blog Yang Baik, mungkin artikel ini akan hampir sama dengan yang lalu, tetapi akan ada sedikit tambahannya.
Cara Memilih URL Blog Yang Baik
Bagi kalian yang belum mengerti apa itu URL silahkan baca penjelasan dibawah ini 

URL yang merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator adalah cara penamaan alamt file di Internet. URL merupakan serangkaian karakter (dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat/ address suatu sumber yang ada
Sumber www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-url.html

URL blog merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah blog. URL itu pada dasarnya dibuat dan ditentukan oleh pemilik blog sesuai kenginannya. Untuk menentukan suatu URL untuk blog tidaklah mudah karena kita harus berpikir dengan demi kelangsungan blog tersebut kedepannya. Jika kita ceroboh sedkit saja, nanti kita akan menyesalinya karena mengubah suatu URL blog tidaklah bagus dampaknya terhadap blog itu sendiri, apalagi jika dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu kita harus pikirkan secara baik dan tidak gegabah dalam menentukannya.

Jika kalian ingin membuat blog, saya memiliki beberapa saran agar kalian tidak menyesal nantinya karena telah memilih URL yang salah.

1. Mudah diingat

Hal yang pertama diperhatikan dalam memilih sebuah URL blog adalah memastikan apakah URL tersebut sudah mudah untuk diingat minimal kita bisa mengingatnya dengan baik, apabila kalian belum bisa mengingatnya dengan baik apalagi para pengunjung. Pikirkanlah sebuah kata yang mudah diingat dan sebisa mungkin sesuai dengan niche blog kalian.

2. Sesuai Nama Blog atau Niche Blog

Hal yang kedua yang perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan tujuan kalian adalah URL blog yang sesuai dengan nama blog atau niche blog kalian. Jika kalian ingin meiliki blog yang professional, hal ini tentu sangat berpengaruh bagi blog kalian, dan yang pasti hal ini juga perpotensi untuk mendatangkan pengunjung lebih baik

3. Memilih Domain

Hal ketiga yang juga penting untuk diperhatikan yaitu penggunaan domain (.com .net .blogspot.com dll). Penggunaan domain yang termasuk TLD (Top level domain) seperti .com .net dll sangat dianjurkan karena singkat dan mudah diucapan serta diingat. Selain itu domain tersebut juga memiliki peringkat yang baik oleh google.

Namun tidak semua orang dapat menggunakan domain TLD dikarenakan beberapa faktor. Kalian dapat menggunakan alternatif menggunakan domain gratis seperti blogspot.com atau wordpress.com.

Beberapa contoh blog yang menggunakan domain TLD maupun yang gratis yang mudah untuk diingat adalah
carasehat.com
tipscantik.com
caraseo.com 
beritaterkini.com
carasehat.blogspot.com
tipscantik.wordpress.com
caraseo.blogspot.com
beritaterkini.wordpress.com
Namun kebanyakan URL yang seperti itu sudah tidak tersedia karena telah digunakan oleh orang lain, tetapi tidak perlu khawatir karena kalian bisa menambahkan beberapa kata singkat dalam URL tersebut agar dapat digunakan seperti kata ku, ter, nge, yuk dll
carasehatku.wordpress.com
infoterupdate.blogspot.com
tipsngeblog.blogspot.com
ngeblogyuk.wordpress.com
carasehatku. com
infoterupdate.com
tipsngeblog.com
ngeblogyuk.com
Mungkin itu saja untuk Cara Memilih URL Blog Yang Baik, itu hanyalah menurut opini saya jika kalian memiliki opini yang lain silahkan berkomentar, mungkin akan saya tambahkan dalam post ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
.

12 Comments

  1. Blog saya niche tutorial gan, tp url-nya gk ada hubungannya dengan tutorial, karna url-nya memakai nama saya. gimana tuh gan..

    o ia, ada gk itu pengaruhnya dengan SEO..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal itu tidak terlalu dipermasalahkan gan, karena yang terpenting adalah judul dari blog tersebut, apa judul blog agan ? untuk pengaruh SEO sepertinya tidak karena SEO diukur dari isi artikel dengan tampilan blog

      Delete
  2. bw balik gan http://www.logikadanfakta.net/

    ReplyDelete
  3. Bagus artikelnya rapi enak bacanya ;)

    ReplyDelete
  4. ijin nambahin gan,

    kalo bisa jangan pake karakter (-)
    atau ada angkanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya hal itu tidak terlalu masalah, tapi thanks udh mau memberi saran.

      Delete
  5. mantap.. ane dah kunjungan balik gan.. :D www.kangghani.com

    ReplyDelete
  6. Bener banget gan kalau memilih nama url itu penting. Karena kalau mudah diingat. Pengguna juga tidak perlu nyari-nyari dimesin telusur

    ReplyDelete
  7. Thanks infonya ga sangat bermanfaat sekali untuk seseorang yg ingin membuat blog

    ReplyDelete