Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti Domain Blog

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti Domain Blog - Haloo selamat siang, kali inj saya akan membahas tentang Domain TLD.Top Level Domain atau lebih sering dikenal dengan TLD merupakan domain yang memiliki level atas seperti .com, .net, .org, .web dan masih banyak lainnya. Domain ini sebenarnya milik Amerika, namun karena sering digunakan terlihat seperti Domain standard untuk alamat internet. Domain tersebut tidaklah gratis, kita harus membayar agar mendapatkan domain tersebut. Walaupun ada penyedia Domain yang gratis seperti freenom yang meliputi .tk, .cf, .ml dan lain lain, semua orang boleh menggunakan domain tersebut tanpa perlu persyaratan yang rumit kecuali domain .edu.mil. dan .travel. Domain TLD ini akan membuat blog kita terlihat lebih elegan, professional, dan yang paling penting kita dianggap serius mengurus blog oleh google dan hal itu mempermudah kita untuk mendaftar iklan google adsense. 
Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti Domain Blog
Apa yang terjadi setelah berganti domain  ?
Hal yang terjadi setelah kita berganti domain adalah rank blog kita akan direset oleh alexa, artikel blog hilang dari search engine, dan iklan adsense tidak tampil. Tapi tenang saja karena hal ini hanya akan berlangsung beberapa hari saja kecuali rank alexa.

Cara untuk mengganti domain blog itu cukup mudah, kalian hanya perlu membeli domain di situs para penjual domain (saya sarankan untuk membeli disitus-situs ternama untuk mencegah terjadinya penipuan atau bisa melalui pulber dan rekber) lalu memasangkannya pada blog kita. 

Inilah beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti Domain Blog

1. Submit Alamat Baru Situs Blog ke Webmaster Tools

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mensubmit ulang alamat blog kalian dengan cara mensubmit alamat blog yang baru ke Webmaster Tools. Hal ini bertujuan agar situs blog kalian yang baru dikenali oleh search engine, ya walaupun situs kalian dulu sudah otomatis redirect ke situs yang baru, tetapi jika kalian membuat artikel baru lagi ada kemungkinan artikel tidak terindexs search engine karena belum terdaftar di Webmaster. 

2. Submit Sitemap

Hal yang harus dilakukan kedua adalah mensubmit kembali sitemap di Webmaster Tools, Hal ini dilakukan untuk memperbarui situs yang ada didalam sitemap tersebut dan mempermudah dan mempercepat search engine untuk proses pengindexsannya

3. Daftar Google Analytic

Hal yang ketiga adalah mendaftarkan situs baru blog kalian ke Google Analytic agar kalian dapat memantau perkembangan situs kalian mulai dari banyak visitor, sesi, tayangan laman, dan yang lainnya

4. Submit Alexa

Hal yang keempat adalah submit ulang blog kalian ke Alexa agar Alexa dapat mengetahui rank blog kalian dan juga kalian dapat mengetahui seberapa populerkah blog kalian

5. Sering Membuat Artikel yang Bagus dan Berkualitas

Hal ini tidak hanya dilakukan saat kalian sudah berganti Domain blog tetapi juga sebelumnya karena hal ini dapat menarik pengunjung untuk membaca isi blog kalian. Artikel yang bagus dan berkualitas dapat membuat pengunjung tertarik untuk membacanya yang kemudian terus-menerus pengunjung itu membaca dari situs blog kalian karena artikel-artikelnya yang menarik. 

Itulah beberapa hal yang harus kalian lakukan setelah berganti Domain blog, hal yang terpenting untuk mendapatkan visitor adalah membuat artikel yang menarik dan berguna bagi banyak orang, hal itu juga harus didukung oleh artikel yang SEO agar artikel masuk Page One dan agar masuk page one blog kalian harus terindexs search engine jadi semua hal diatas semua adalah hal penting, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

12 Comments

  1. ribet juga ya gan? klo ganti domain harus ngulang dari awal lagi daftarin ke semua yang sudah didaftarkan sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sih tidak ribet gan, ini hanya melakukan hal yang telah dilakukan saat membuat blog baru saja

      Delete
  2. Setelah ganti domain, saya lupa Gk lakukan hal2 diatasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. oleh karena itu silahkan segera lakukan hal-hal diatas agar blog agan cepet keindex google

      Delete
  3. makasih infonya, ane baru tahu kalo google analytic itu penting hehe thanks

    ReplyDelete
  4. kebetulan baru ganti domain ni, bisa di coba ini

    ReplyDelete
  5. Setelah ganti domain jadi seperti blog baru ya, thanks infonya gan

    ReplyDelete
  6. kalo ane pake wp, jadinya gk bisa costum domain

    ReplyDelete
  7. Mohon pencerahan, apakah pergantian domain mesti dibarengi dengan pergantian template juga ?
    Atau bisa tetap memakai template bawaan ?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pergantian domain tidak perlu harus mengganti template, karena memang tidak ada pengaruhnya sama sekali

      Delete
  8. Mohon review untuk penjual domain mana saja yang kredibel.
    Terima kasih.

    ReplyDelete