5 Faktor Penyebab Kecilnya BPK Google Adsense dan Cara Mengatasinya

Penyebab-Kecilnya-BPK-Adsense
BPK Google Adsense sebenarnya cukup stabil di setiap negaranya. Di Indonesia sendiri BPK normalnya adalah sekitar Rp. 1000,00 sampai Rp. 3000,00 per kliknya. Jadi masih bisa dibilang cukup tinggi. Namun terkadang BPK bisa turun sangat signifikan bahkan sampai Rp.100,00 per kliknya.

Turunnya BPK Google Adsense tentunya akan sangat berpengaruh terhadap penghasilan seorang Blogger. Rendahnya BPK Google Adsense merupakan masalah serius yang harus segera ditindak lanjuti jika ingin bisa menaikan BPKnya lagi. Karena semakin besar BPK Google Adsense, penghasilan yang didapat akan lebih tinggi lagi.

Di artikel ini kita akan membahas beberapa faktor yang menjadi penyebab kecilnya BPK Google Adsense beserta cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Kecilnya BPK Google Adsense

#1. Kecurangan Publisher
Hal pertama yang menurunkan BPK Google Adsense adalah dari para Blogger sendiri. Yaitu saling bertukar klik kepada blogger lain, yang dimana ini bisa menurunkan BPK Google Adsense. Kecurangan ini pernah disampaikan oleh salah seorang pegawai perusahaan di Indonesia yang beriklan di Google Adsense. Dimana mereka mengatakan aktivitas saling bertukar klik itu merugikan pihak pengiklan, sehingga mereka berusaha mencari cara agar tidak merugi dengan cara menurunkan BPK untuk menghindari kerugian perusahaan dalam pengeluaran promosi.

Namun yang sangat disayangkan dari cara diatas. Yang menerima dampaknya tidak hanya para pelaku, namun juga banyak publisher. Hanya karena beberapa orang saja yang melakukan tukar klik. Semua publisher terkena dampaknya. Jadi cara ini cukup tidak adil bagi para publisher yang tidak tau mengenai masalah tersebut.

#2. Banyaknya Iklan Terpasang
Unit iklan yang Anda pasang di blog atau website bisa mempengaruhi BPK Google Adsense. Jadi jika ingin mendapatkan BPK yang tinggi, hindari memasang unit iklan terlalu banyak di halaman atau blog Anda.

#3. Kaca Kunci yang Digunakan
Google Adsense sendiri sudah memiliki sebuah sistem dimana, ia memberikan BPK berdasarkan dengan Kata Kunci. BPK yang tinggi akan cenderung diberikan kepada blog yang menggunakan kaca kunci yang BPK nya mahal. Jadi jika ingin mendapatkan BPK yang tinggi, gunakan juga keyword atau kata kunci yang mahal juga.

#4. Niche Blog Berubah
Perubahan atau pertambahan niche blog juga membuat turunnya BPK, karena Google Adsense sendiri lebih menyukai blog yang menggunakan satu niche saja, namun artkel dalam blog tersebut sangat spesifik dalam pembahasannya. Jadi dibandingkan blog gado-gado, blog dengan satu niche lebih tinggi BPK yang didapat.

#5. Dicekalnya Iklan
Walaupun pihak dari Google Adsense, membolehkan untuk memfilter iklan apa saja yang boleh tampil di blog Anda. Tetapi itu juga akan berpengaruh di BPK yang Anda dapatkan. Google sendiri sudah mengatakan dalam situs support.google.com seperti ini
Pastikan Anda tidak mencekal iklan yang tidak perlu dicekal. Jika Anda mencekal terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, atau kategori umum maupun sensitif, BPK akan menurun karena pengiklan dalam lelang yang menawar inventaris Anda menjadi lebih sedikit.
Jadi Anda boleh memfilter iklan apa saja yang ditampilkan di blog Anda. Tetapi jangan terlalu banyak yang dicekal, cukup beberapa saja. Lalu bagaimana cara agar BPK bisa naik kembali seperti semula ? bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Cara Menaikan BPK Google Adsense

#1. Gunakan Ukuran Iklan Terbaik
Penempatan-Iklan
Penggunaan ukuran iklan ternyata berpengaruh di BPK. Dengan menggunakan ukuran yang telah dianggap baik oleh Google Adsense maka bisa menaikan BPK Google Adsense Anda. Ukuran yang dianggap paling efektif Google Adsense adalah kotak besar 336x280, kotak sedang 300x250, spanduk utama 728x90, separuh laman 300x600, dan di seluler, spanduk seluler besar 320x100.

#2. Jangan Mencekal Iklan
Seperti poin kelima tentang penyebab kecilnya BPK Google Adsense. Jika Anda memblokir terlalu banyak iklan, maka BPK Anda akan menurun karena pengiklan untuk blog Anda menjadi lebih sedikit.

#3. Gunakan Iklan Display dan Text
Dengan menggunakan kedua iklan tersebut. Maka jangkauan akses untuk blog Anda kepada para pengiklan menjadi lebih luas lagi, dan hal ini bisa menaikan nilai BPK Anda sendiri.

#4. Tren Iklan
Dalam beberapa waktu. BPK biasanya akan naik secara signifikan, misalnya contoh pada saat artikel ini saya buat itu masih bulan puasa. Pada bulan puasa ini, para pengiklan menaikan bidnya untuk iklan soal keagamaan. Namun itu tidak akan berlangsung lama karena ketika bulan puasa telah selesai. BPK akan turun lagi, oleh sebab itu ini disebut tren iklan dimana suatu waktu dalam satu tahun. BPK akan naik. Jadi Anda harus bisa memperkirakan kenaikan ataupun penurunan BPK.

#Kesimpulan
Ilmu yang bisa diambil dari 5 poin diatas adalah penurun BPK bukan di sebabkan oleh Google. Melainkan dari publishernya sendiri, yaitu mulai dari kecurangan dalam mendapatkan klik, terlalu banyak memasang iklan hingga merubah niche dan mencekal iklan. Jika kalian melakukan beberapa kesalahan diatas, sebaiknya segera ditinggalkan, apalagi poin pertama karena dampaknya bukan ke Anda saja, melainkan ke semua publisher.

Jika sudah terjadi penurunan BPK pada Anda. Silahkan lakukan beberapa cara diatas untuk menaikan BPK Anda lagi. Dan semoga BPK Anda bisa stabil di BPK Tertinggi.

Mungkin itu saja untuk 5 Faktor Penyebab Kecilnya BPK Google Adsense dan Cara Mengatasinya. Jika ada pertanyaan silahkan corat-coret dikomen bawah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Comments