Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Pengunjung

trafik-blog
Menjadi blogger tidak mudah. Salah satu alasannya adalah sulitnya untuk mendapatkan pengunjung, bisa karena kurangnya kuat posisi blog di SERP ataupun dari segi promosi masih kurang. Dengan memiliki sebuah blog yang memiliki pengunjung yang banyak, tentunya akan meningkatkan jumlah penghasilan. Bahkan bisa untuk menjadikannya pekerjaan tetap.

Namun itu semua perlu kerja keras untuk mendapatkannya, tidak ada cara instan untuk itu. Walaupun ada pasti tidak akan bisa bertahan lama karena pengunjung tersebut tidak asli atau buatan. Jadi meskinpun Anda membeli trafik untuk blog. Apakah Anda yakin bisa melakukannya selalu ? karena pasti ada batasannya. Dan setelah Anda tidak membeli lagi, trafik akan turun, bahkan bisa sampai habis.

Sebenarnya ada cara yang cukup mudah untuk dilakukan agar bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang akan saya coba jelaskan secara langkap di bawah ini. Silahkan jika ingin mempraktekkannya di blog Anda karena tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Agar mendapatkan hasil yang maksimal. Coba untuk ikuti setiap cara dibawah ini, dan selalu sabar karena seperti yang saya bilang diatas, tidak ada yang instan di dunia Blogging.

#1. Submit ke Webmaster Search Engine
Semua search engine memiliki sebuah webmaster yang berfungsi untuk mendaftar sebuah blog atau artikel ke search engine untuk ditampilkan ke search engine seperti Google. Dengan submit blog Anda ke Search Engine. Maka blog atau artikel Anda akan ditampilkan di Pencarian, dengan begitu akan memudahkan para pengunjung untuk mencari blog Anda. Apabila artikel Anda ada yang bisa sampai masuk ke page one. Itu akan jadi sumber trafik yang sangat bagus.

#2. Optimasi SEO Blog
Ini adalah cara yang paling umum digunakan para Blogger dan juga cara awal untuk membangun blog. Ini adalah cara yang paling ampuh  diantara cara yang lain. Karena dengan Optimasi SEO akan memperkuat posisi blog Anda di SERP. Hal yang paling bagus dari menggunakan cara ini adalah blog Anda akan dapat bersaing dengan blog-blog besar sekalipun di Page One Google. Dan bonusnya Anda akan mendapatkan trafik yang besar dari Google.

Optimasi SEO Blog yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan plugin seperti contohnya SEO by Yoast atau All in One SEO jika blog Anda menggunakan WordPress. Dua plugin tersebut bisa dimanfaatkan untuk Optimasi SEO Blog. Pemilihan URL dan Deskripsi juga dapat mempengaruhi minat pengunjung, Jadi silahkan pelajari lebih jauh mengenai SEO tersebut.

#3. Buat Artikel Yang Bermanfaat
Sebagus-bagusnya blog Anda apabila tidak diimbangi dengan sebuah artikel yang bagus. Maka hasilnya akan percuma karena artikel merupakan kunci untuk mengikat pengunjung. Fokus dan lengkap kan artikel Anda di satu topik atau Niche. Untuk bisa mendapatkan pengunjung tetap karena dengan fokus dan kelengkapan itu. Pengunjung akan merasa puas atas informasi yang mereka dapatkan.

Usahakan ketika membuat artikel tidak copy paste karena ini bisa berakibat buruk di blog Anda dalam jangka panjang. Buat artikel se original mungkin dengan minimal 500 Kata. Walaupun ada yang bilang sampai 1000 kata, tetapi sepertinya 1000 kata cukup berat untuk seorang Blogger pemula. Setidaknya dengan 500 kata sudah lebih dari cukup karena syarat yang memenuhi kriteri SEO Friendly hanya 300 kata.

#4. Blog Support AMP
Bagi yang belum tau apa itu AMP. AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah halaman web yang di desain khusus agar laman tersebut mobile friendly. Jadi pengunjung dari Smartphone akan dimanjakan oleh tampilan yang sangat mobile friendly. Karena saat ini jumlah pengguna Smartphone lebih banyak dengan PC. Blog dengan AMP akan lebih diprioritaskan oleh Search Engine karena ada nilai lebih dibandingkan yang tidak support AMP.

#5. Akses Cepat
Walaupun terdengar sepelu, namun ini cukup krusial dalam penentuan jumlah pengunjung. Terkadang ada sebuah blog yang berat sekali untuk dibuka, bisa karena faktor Templatenya yang berat atau banyaknya iklan. Loading yang sangat lama di sebuah blog bisa membuat pengunjung pergi karena terlalu lama menunggu artikel yang mereka cari tidak kunjung terbuka.

Jadi buat blog dengan speed secepat mungkin. Saat ini sudah banyak template-template yang fast responsive. Dan jangan memasang iklan terlalu banyak karena akan berpengaruh ke speed blog, apalagi iklan bergerak dan popup.

#6. Desain Blog Minimalis
Saat ini sudah tidak jaman lagi blog dengan warna yang terang benderang, dengan berbagai corak. Saat ini blog yang paling nyaman dilihat adalah dengan tema minimalis, seperti blog-blog besar seperti Arlina Design ataupun Mas Sugeng. Cukup beberapa warna saja untuk tampilan blognya. Jangan terlalu banyak memasang widget yang tidak terlalu bermanfaat. Gunakan font yang mudah untuk dibaca, sebagai saran gunakan saja font standar seperti Arial.

Dengan blog yang menarik, bisa membuat nyaman pengunjung dan karena mereka merasa nyaman. Maka mereka bisa saja datang kembali. Namun cara ini harus dihubungkan ke poin nomor 4 yaitu Support AMP karena itu gunakan desain blog yang responsive mobile friendly. 

#7. Buat Related Post
Related post juga merupakan faktor yang bisa menambah durasi pengunjung di blog Anda. Karena bisa membuatnya membaca artikel-artikel yang lain juga. Cara ini sudah terbukti ampuh dan membuat artikel lama tidak terkubur didalam blog karena masih terhubung dengan Tag yang sama dengan artikel baru.

#8. Submit ke Forum
Forum media online saat ini sudah lumayan banyak seperti kaskus, detik dan kompasiana. Forum tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai sumber  trafik dan juga backlink. Caranya dengan membuat sebuah treat di forum tersebut dan menyisipkan tautan blog Anda. Tapi usahakan buat treat yang bermanfaat dan tidak bersifat spam.

#9. Submit ke Sosial Bookmark
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan Sosial Bookmark. Salah satunya adalah memudahkan blog Anda untuk bersaing di search engine. Dan yang paling bagus adalah mampu meningkatkan peringkat blog dan otomatis mendapatkan backlink yang tentunya akan sangat berguna untuk perkembangan blog.

#10. Lakukan Blog Guest
Caranya hampir sama seperti poin nomor 8 bedanya platformnya saja. Jika blog guest biasanya dilakukan di blog-blog besar.  Sistemnya Anda membuat artikel yang relevan di orang lalu menyisipkan URL blog Anda sebagai imbalannya. Manfaat yang didapatkan dengan cara ini adalah trafik dan tentunya backlink yang berkualitas.

#11. Lakukan Blog Walking
Walaupun sebenarnya cara ini masih menjadi perdebatan apakah boleh melakukan Blog Walking. Tapi tidak ada salahnya mencoba yang satu ini karena manfaatnya lumayan terasa. Blog walking adalah melakukan kunjungan di blog orang lain, lalu pemilik blog tadi juga akan mengunjungi Blog Anda. Jadi keduanya akan sama-sama diuntungkan. Namun sepertinya cara ini sudah tenggelam karena populasi para blogger pemula saat ini sudah mulai turun.

#12. Promosikan ke Media Sosial
Cara paling mudah untuk mendapatkan trafik adalah dengan membagikan artikel ke sebuah media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun WhatsApp. Jadi tambahkan fitur share di blog Anda untuk memudahkan Anda dan para pengunjung untuk membagikannya ke media sosial.

#13. Buat Promosi di YouTube
Jika masih ada waktu. Manfaatkan YouTube untuk media promosi blog Anda. Jadi semisalnya blog Anda tentang Tutorial, buatkan tutorialnya juga berupa video lalu upload di YouTube. Lalu masukan video tersebut ke dalam artikel Anda. Jadi ketika ada pengunjung dari blog, nanti bisa tau tentang Channel Anda. Begitu juga sebaliknya, jika ada viewer YouTube, maka ia akan tau tentang Blog Anda. Jadi keduanya akan sama-sama naiknya.

#Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa didapatkan dari artikel tadi adalah pertama buat blog Anda layak terlebih dahulu, benahi templatenya sehingga terlebihan bagus dan tidak berat, Buat artikel yang bagus yang akan bermanfaat untuk para pembaca. Ketika dua itu sudah, maka saatnya membangun sebuah Backlink yang berkualitas untuk bisa bersaing di Page One karena backlink saat ini masih ampuh dignakan pendongkrak pengunjung dan menjadi salah satu pembantu untuk menjadikan artikel page one. Yang terakhir boleh anda lakukan tapi boleh juga tidak karena sebenarnya trafik dari Media sosial tidak dianggap baik oleh Google. Karena sebaik-baiknya trafik adalah dari Search Engine.

Jadi bagaimana cukup mudah atau malah susah ? tapi membuat blog yang sukses memang membutuhkan perjuangan yang keras. Blogging memang melelahkan tapi jika Anda mau fokus. Maka pasti akan berhasil. Mungkin itu saja untuk Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jika ada pertanyaan silahkan corat-coret dikomen bawah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Comments