2 Hal Yang Harus Dilakukan Pada Blog Agar Blog Menjadi SEO

2 Hal Yang Harus Dilakukan Pada Blog Agar Blog Menjadi SEO - Haloo selamat sore, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang SEO lagi, beberapa hal yang harus dilakukan agar blog menjadi SEO adalah melalukan Optimasi pada Blog agar Blog menjadi SEO, beberapa optimasi yang dilakukan adalah Optimasi SEO On Page dan Optimasi SEO Off Page, tidak bisa dipungkiri bahwa SEO adalah kunci menuju kesuksesan blogger-blogger masa kini, SEO berguna untuk menstabilkan trafik bahkan menaikkan trafik tergantung artikel blog itu sendiri.
Cara Agar Blog Menjadi SEO
Sebagian blogger pasti sudah mengetahui apa itu SEO, bagi yang belum tau, SEO adalah Upaya yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google pastinya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor terus menerus.

Sudah banyak artikel-artikel yang membahas tentang SEO tapi tidak banyak orang yang menerapkannya, karena ya memang tidak mudah untuk menerapkannya, perlu suatu konsep dan strategi yang baik dan juga ilmu tentang SEO, saya sendiri juga masih awam untuk masalah SEO, artikel-artikel dari Mastah Bloging juga hanya beberapa saja yang bisa masuk Page One, mungkin itu juga hanya suatu ke hokian semata karena artikel masih sedikit yang membahasnya.

Jika kita mencari sesuatu dengan search engine, akan muncul banyak sekali referensi-refensi yang beraneka ragam yang berhubungan dengan apa yang kita cari, artikel yang muncul pada Page One biasanya sekitar 10 Blog saja, blog-blog yang masuk Page One biasanya adalah blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan 1 sampai 6, nah blog inilah yang berpotensi lebih banyak mendapatkan visitor karena memang kebiasaan orang selalu mengklik halaman pertama yang ada di google, dari pada halaman yang berada diurutan bawah. 

Jika kalian ingin blog kalian masuk Page One, cobalah menerapkan 2 Hal ini, karena cara ini sudah saya coba dan hasilnya cukup untuk mempengaruhi Rank Blog ini, dengan memasuki 10k besar di Indonesia. 2 hal yang harus kalian terapkan adalah SEO On Page dan SEO Off Page.

1. SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website/blog yang dilakukan dari tampilan blog itu sendiri. Optimasi bisa dilakukan melalui Template yang SEO Friendly, Tampilan yang tertata, dan juga Fast Loading, karena jika blog kita lola (Loading Lama) biasanya membuat pengunjung tidak nyaman dan akhirnya pergi dari blog kalian.

 Hal yang harus kalian perhatikan dalam SEO On Page antara lain :
  • Menambahkan diskripsi yang relevan pada blog
  • Menambah diskripsi penelusuran pada artikel
  • Membangun internal links
  • Riset keywords, lihat video ini untuk tutorialnya 
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan loading page-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Mengupdate artikel yang bermanfaat
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi
  • Dan Lain-lain
2. SEO Off Page

SEO Off Page adalah kebalikan dari SEO On Page yaitu dilakukan dari luar blog kita, orang-orang biasanya menyebutnya Backlink, Backlink dibangung denan cara menyebar link blog kita ke semua tempat-tempat di Internet, seperti Forum, Sosial Media, atau bisa juga melalui Komentar dari blog ke blog yang lain, walaupun untuk Backlink sendiri tidak terlalu penting, tetapi juga diperlukan agar blog kita lebih dipandang oleh google untuk memudahkan mendaftar Google Adsense. 

Beberapa contoh backlink yang bagus antara lain :
  • Sosial Media (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Blogspot, WordPress, Amazon dll 
  • Forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger
  • Dan lain-lain
Jika ingin blog kalian ingin menjadi SEO, cobalah menerapkan 2 hal yang saya bahas diatas, jika kalian telah menerapkannya dalam beberapa hari pasti blog kalian akan menduduki Page One, walaupun jika kalian menerapkan ini membutuhkan waktu lama tetapi proses indexs google akan cepat karena google selalu memperbarui hasil pencarian mereka dan menampilkan blog-blog paling SEO dan relevan. Jika blog kalian belum menduduki Page One janganlah putus asa, karena blog sangatlah banyak saingannya, kalian dapat memperbaiki artikel kalian agar semakin SEO, dan agar dapat mengalahkan pesaing-pesaing yang ada di Page One tersebut. Jika kalian ingin mengetahui seberapa SEO blog kalian silahkan baca 

Sekian untuk artikel 2 Hal Yang Harus Dilakukan Pada Blog Agar Blog Menjadi SEOSemoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

7 Comments