7 Jenis Iklan Yang Ada di Blog atau Website

Jenis-Iklan-Yang-Ada-di-Blog
Iklan tentunya sudah tidak asing bagi para Blogger. Mungkin sekarang semua orang juga sudah mengenal tentang Google Adsense karena saat ini kebanyakan orang adalah penonton Youtube yang dimana selalu mengiklankan videonya dengan Google Adsense.

Tapi kali ini kita akan membahas tentang iklan yang ada di blog atau website. Taukah Anda jika iklan yang ada itu berbeda-beda jenisnya. Kebanyakan blogger pasti telah atau pernah memasang iklan di blog atau websitenya. Namun kebanyakan yang kebanyakan dipasang adalah jenis iklan PPC atau Pay per Click. Jadi iklan tersebut akan membayar jika ada orang yang meng klik iklan tersebut secara valid. Jika tidak valid maka biasanya tidak dihitung atau yang parah bisa dikenakan sanksi oleh pihak pengiklan.

Pihak pengiklan yang sering digunakan oleh Blogger tentunya adalah Google Adsense seperti yang saya bahas diatas. Alasan memilih Google Adsense karena bayaran yang didapat dari Google Adsense dengan pengiklan yang lainnya berbanding jauh sekali. Dimana menjadikan Google Adsense sebagai platform pengiklan terbesar di dunia saat ini.

Iklan yang ditampilkan juga cukup variatif dan juga elegan. Jenis dan ukurannya bisa diatur dan yang paling penting adalah gambarnya itu elegan karena kebanyakan pihak pengiklan lain menggunakan desain iklan yang jelek dan menggunakan click bait dan gambar aneh biasanya.

Itu tadi beberapa penjelasan tentang iklan. Sekarang langsung saja kita masuk ke jenis iklannya dibawah ini :

Jenis Iklan Yang Ada di Blog atau Website

1. PPC ( Pay Per Click )
Iklan PPC adalah iklan yang membayar setiap kliknya seperti penjelasan saya diatas tadi. Platformnya sendiri juga sudah cukup banyak namun yang paling diminati adalah Google Adsense tentunya.

Iklan ini biasanya adalah iklan andalan para Blogger karena lumayan besar juga yang didapat sehingga biasanya iklan diletakan ditempat yang strategis seperti bagian atas blog atau sidebar blog.

Tapi perlu diingat, walaupun ini membayar dengan tiap kliknya, jangan pernah klik iklan sendiri ya karena itu merupakan pelanggaran yang sanksinya bisa sampai Banned. Oke jadi jangan coba-coba.

2. CPM (Cost Per Mille )
Iklan CPM adalah jenis iklan yang membayar tergantung statistik blog anda atau jumlah pengunjung blog anda yang melihat iklan tersebut. Jadi semakin banyak pengunjung anda maka penghasilan anda semakin tinggi.

Tapi perlu diingat bahwa iklan ini kebanyakan hanya bisa digunakan di blog yang sudah terkenal  dan selalu ramai pengunjung setiap harinya. Jika tidak, kemungkinan diterima sangat kecil. Oke ingat itu.

3. CPA ( Cost Per Action )
Iklan CPA adalah jenis iklan yang cukup sulit untuk bisa menghasilkan uang karena harus menunggu ada pembelian atau tindakan lain disetiap produk yang di iklankan. Jadi Anda akan dibayar ketika pengunjung anda melakukan sesuatu disebuah produk yang anda iklankan seperti mendaftar akun atau melakukan pembelian.

Jadi anda tidak akan mendapatkan uang hanya dengan pengunjung anda melihat atau mengklik iklan anda. Tapi harus melakukan sesuatu. Oke paham, jika sudah lanjut.

4. PPD ( Pay Per Download )
Iklan PPD adalah iklan yang akan membayar setiap download. Iklan ini kebanyakan dipakai oleh blog download seperti software atau game. BTW saya juga memiliki blog download software, preset lightroom dan masih banyak lainnya. Cek disini ya Gone Software

Penyedia iklan jenis PPD ini juga sudah banyak dan mungkin anda sudah tau karena sering download software bajakan atau apapun seperti 4Shared, Tusfile, File Upload dan lainnya.

5. PPP ( Pay Per Post )
Jika anda sering melihat video review di YouTube. Itulah penjelasan iklan ini. Iklan ini akan membayar kita, jika kita membuat ulasan atau artikel tentang suatu produk iklan. Mirip bukan dengan konten review yang ada di YouTube ? karena memang dasarnya sama.

Iklan ini biasanya akan muncul disebuah blog yang sudah besar dengan statistik blog yang tinggi dan dipercaya oleh pengunjungnya. Biasanya produk yang akan diulas masih related atau terkait sama konten blog itu sendiri.

Misalnya blog saya ini blog tentang Blogging. Nah produk yang saya iklanin itu adalah buku soal Adsense, Blogging dan lainnya.

6. Affiliate
Iklan satu ini memiliki kesamaan dengan jenis iklan CPA diatas tadi. Yaitu membayar setiap pembelian produk iklan yang ada di blog Anda. Iklan affliate ini akan membayar anda cukup tinggi namun sedikit sulit karena harus dapat meyakinkan pengunjung untuk bisa sampai membeli produknya.

Namun jika anda ingin mencoba, sekarang sudah banyak program affiliasi yang berjalan dan terbukti membayar seperti Niagahoster, Affiliasi Lazada dan Affiliasi Tokopedia. Silahkan coba jika mau.

7. Sponsor
Iklan ini bisa disebut adalah top tertinggi dari segala jenis iklan karena bayaran yang didapatkan bisa sangat tinggi bahkan bisa saja kita yang menentukan pembayarannya. Iklan ini sangat jarang muncul karena pihak pengiklan hanya akan mencari blog yang benar-benar ramai visitornya

Tugas kita jika mendapatkan sponsor biasanya adalah dengan menempatkan iklan pada slot tertentu di blog dengan perjanjian sebelumnya antara Blogger dan pihak sponsor.

Oke jadi itu tadi 7 Jenis Iklan Yang Ada di Blog atau Website. Bagaimana sudah ada yang ingin anda coba ? menurut saya sendiri lebih mudah untuk mendapatkan uang dengan jenis pertama yaitu PCC karena memang itu yang paling mudah dan sudah pasti uangnya. Tapi semuanya tergantung anda sendiri.

Anda bebas memilih jenis iklan untuk blog anda, asalkan jangan sampai menggangu pengunjung yang datang karena saya sering juga datang ke sebuah blog yang ketika dibuka sudah ada iklan yang menunggu. Iklan Pop Up saja sudah dua lapis apalagi ada iklan melayang lainnya. Karena itu sangat mengganggu biasanya akan langsung saya close. Kan akan sayang kalau pengunjung pergi hanya karena masalah iklan. Jadi pasang iklan secukupnya saja.


Oke, Mungkin segitu saja untuk artikel 7 Jenis Iklan Yang Ada di Blog atau Website. Semoga kalian mendapatkan ilmu setelah membaca artikel ini, maaf apabila ada salah-salah kata maupun data. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Comments